Cara Mudah Membuat Web Server Sendiri

Website dimasa sekarang ini bukan hal yang awam bagi setiap orang. Sebuah sarana online yang terdiri dari sebuah Domain (nama atau tanda pengenal untuk sebuah situs atau website ".com, .net, .org, .info dll") dan Hosting (Media penyimpanan yang bisa di akses dari penjuru dunia baik yang berbayar atau gratis). Jika anda adalah orang yang sedang tertarik untuk membuat website, tutorial ini bisa membantu anda dalam memahami dan mengerti tentang tatacara pembuatan website dengan menggunakan komputer pribadi (PC). Cara ini bisa juga digunakan untuk para netter untuk membuat website "prelauncing" sebelum website sesungguhnya di onlinekan secara keseluruhan  di dunia maya.

clip_image001
Dalam kesempatan ini saya ingin mengajak anda untuk bisa mempraktekkan membuat sebuah webserver yang biasa di kenal dengan sebutan HTTPD [Hypertext Transfer Protocol Deamon] atau HTTP server. HTTP server adalah sebuah service yang bekerja untuk melayani request (permntaan) dari HTTP client (web browser) ke computer server. Tujuan akhir dari tutorial ini adalah agar anda bisa menggunakan webserver anda untuk keperluan  pembuatan website, baik yang berbasis database (menggunakan mysql) atau nondatabase (berupa web statis "biasanya hanya menggunakan html saja").

Untuk menjadikan  komputer kita menjadi sebuah webserver tidak perlu spsifikasi computer yang supercanggih atau cepat, tetapi adakalanya di butuhkan guna mempepercepat aplikasi yang kita gunakan. Untuk memulai menjadikan komputer pribadi kita menjadi sebuah webserver kita bisa menggunakan software free (software gratis) berupa :
Kedua software ini sama, fungsinya adalah untuk bisa menjadikan komputer pribadi kita menjadi Web Server yang nantinya kita gunakan untuk hosting berbasis Apache yang digunakan untuk menampilkan website di localhost. PHP ( PHP adalah bahasa pemrograman berupa script (text) yang dijalankan pada server side. Artinya semua sintaks (perintah) yang kita berikan akan sepenuhnya dijalankan oleh server sedangkan yang dikirimkan ke browser hanya hasildari pemrosesan di server ) danMySQL (adalah database "bankdata" yang sering digunakan dalam kombinasi sistem yang menggunakan interface PHP) dapat bekerja sama dengan banyak web server. Salah satu web server yang dikenal dan sudah terbukti ketangguhan serta konektifitasnya dengan PHP dan MySQL, adalah Apache. Anda bisa menginstall web yang berbasis CMS (Conten Managemen System) seperti Wordpress, Joomla, Drupal dll yang databasenya menggunakan Mysql. Apabila Software ini d install d computer anda, maka anda sudah bisa online menggunakan browser anda (IE, Firefox, Google Chrome, Opera dll) tetap secara local atau Localhost. untuk memastikan programnya berjalan anda bisa memanggilnya di browser anda dengan menuliskan "localhost" . jika sudah benar maka di browser akan mnampilkan informasi dari Fasilitas yang ada pada komputer anda mengenai software ini.

Kali ini saya akan memberikan tutorial cara menginstall Appserv untuk keperluan Membuat Web Server Pribadi sobat. Untuk memulainya pastikan file Installer Appserv sudah ada di komputer yang akan di setting.

1. Installasi Appserv
>> Klik 2x pada file appserv-win32-2.x.x.exe

clip_image002
NEXT
clip_image003
I Agree
clip_image004

Pilih Folder untuk Data Penginstallan. Jika menggunakan DeefFreeze sebaiknyafolder Appserv di letakkan di bagian Drive yang tidak terdeepfreeze (Misal D:\ E:\ atau F:\. Sebab akan berpengaruh terhadap hasil settinggan website nantinya. (bisa akan hilang atau terreset).

clip_image005

Pilih semua fasilitas dan lanjutkan Next

clip_image006

Tulis Nama Server (sebaiknya localhost saja biar mudah) dan isikan email (Port biarkan saja port 80) selanjutnya Next.

clip_image007

Isikan Password untuk User ROOT (Secara default nama master user database adalah ROOT). Isikan passwordnya semisal 123456 atau terserah sobat ( user ROOT dan Password : xxxx akan digunakan padasaat setting Koneksi ke database nantinya.)

clip_image008

Instalasi selesai dan Jalankan Programnya. Jika penginstalan selesai maka secara automatis Apache dan MySql akan dijalankan baik sebelum di restart (komputernya) atau sesudah di restart (sebab akan berjalan automatis pada saat komputer hidup. Untuk memastikan Apache berjalan cek di bagian browser dengan menuliskan "localhost" di bagian address bar dan enter. Apabila benar akan tampil semacam ini :

clip_image009

Nah selesai sudah penginstallan. Apabila sobat ingin membuat sebuah website sample sobat tinggal meletakkan (membuat folder) di folder "www" pada direktori "Appserv" sobat. >> C:\AppServ\www

clip_image010

Semisal kita akan membuat website dengan nama donaalfian.com, anda cukup membuat folder "donaalfian" di folder "www". >> C:\AppServ\www\donaalfian .untuk mengecek sobat tinggal menuliskan alamat di browser (Address Bar) >> "localhost/donaalfian" dan enter. Jika benar di browser anda akan tampil seperti ini :

clip_image011

Jika ada pertanyaan ataupun kritik dan saran sobat dapat meninggalkan komentar di bawah ini. Dan terimakasih telah berkunjung.

Tidak ada komentar:

Catatan:
Untuk menyisipkan video, gunakan tag <i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA...</strong>

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!"

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.

Konversi Kode di Sini!OOT

 
Design by Juned al~Bughisy Copyright © 2012 ~ 2013 Powered by Blogger
Back to Top