Ikhlas dalam Beribadah Kepada Allah

Sudah lama tidak corat-coret tentang pengalaman sehari-hari saya, dikarenakan beberapa hal seperti tidak adanya pengalaman yang mesti saya ceritakan atau share ke temen-temen dan lagi sibuk-sibuknya jaga kios sehingga tidak sempat untuk menulis artikel baru lagi.

Berhubung di tempat saya ini yaitu desa Labuhan Jambu insyaAllah besok udah mulai puasa dan Alhamdulillah malam ini sudah mulai diadakan shalat taraweh di masjid yaitu Masjid Al-Falah. Jadi bagi sobat yang kebetulan sedang ada daerah sumbawa bisa mampir dulu sholat berjama’ah di masjid Al-Falah dan sekalian mampir di rumah saya yang letaknya tidak terlalu jauh dari masjid.

Dalam menghadapi puasa dalam bulan suci ramadhan sebaiknya kita harus memiliki persiapan agar puasa kita di bulan suci Ramadhan ini dapat berjalan lancar dan diterima oleh Allah Subhana Wa Ta’ala Aamiin….

Mungkin ada beberapa yang dapat kita persiapkan yaitu persiapan fisik atau jasmani kita dan persiapan hati kita dalam menghadapi puasa di bulan suci ini. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa setiap amalan yang kita lakukan akan dilipatgandakan oleh Allah Subhana Wa Ta’ala di bulan ini, maka dari itu mari kita tingkatkan mutu ibadah kita. Karena banyak saudara kita sekarang beramal akan tetapi amalan bid’ah yang ia lakukan karena tidak sesuai dengan Al-Qur’an dan As-Sunnah dan juga pemahaman para sahabat.

Disini saya bukan bermaksud untuk menggurui karena saya mengakui saya masih amat sedikit ilmu yang saya punya, akan tetapi disini saya hendak menasehati diri saya sendiri dan juga teman-teman agar tidak jatuh ke dalam bid’ah sehingga amalan yang kita lakukan akan sia-sia dan tidak diterima oleh Allah Subhana Wa Ta’ala.

Kemudian juga dalam menghadapi bulan suci ini mari kita senantiasa membersihkan hati kita dengan cara Ikhlas dalam beribadah kepada Allah. Karena apabila jika kita beribadah kepada Allah dengan tidak ikhlas maka ibadah kitapun tidak akan diterima dan tertolak.

Kebanyakan dari kaum muslimin yang beramal dengan suatu amal ia berbangga dengan amal tersebut ia merasa pongah dan sombong, kemudian ia mengharapkan pujian dari orang lain mengharap dipandang oleh masyarakat bahwa ia telah berbuat baik maka jika amalannya tersebut masih bercampur baur dengan hal-hal tersebut maka amalannya tersebut tidak ikhlas, sehingga amalannya pun tersebut tertolak karena jika kita lihat dari kata ikhlas sendiri yang berarti murni tidak tercampur dengan sesuatu apapun. Jadi jika amalan kita masih tercampur dengan riya’ dengan mengharap pujian manusia dan sebaginya maka amalan kita tersebut tidak dapat dikatakan ikhlas.

Mungkin pesan saya pada akhir coretan saya ini agar kita tidak mengurangi pahala ibadah kita dengan mengharap pujian dari orang lain karena bisa-bisa amalan kita tersebut ditolak oleh Allah Subhana Wa Ta’ala dan kita akan menjadi orang yang merugi kelak diakhirat dan berbanyaklah ibadah kita di bulan suci ini dengan amalan yang ikhlas dan sesuai dengan petunjuk Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dan bukan amalan-amalan bid’ah.

Jika ada kritikan atau kesalahan ucapan mohon dikritik supaya saya dapat membenahi artikel yang saya buat ini karena seperti yang saya katakan tadi bahwa saya masih awam dalam masalah agama ini dan saya hanya menyampaikan apa yang saya dapatkan dari kajian yang saya dengarkan.

Terima kasih, Jazakumullah khoiran.

Tidak ada komentar:

Catatan:
Untuk menyisipkan video, gunakan tag <i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA...</strong>

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!"

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.

Konversi Kode di Sini!OOT

 
Design by Juned al~Bughisy Copyright © 2012 ~ 2013 Powered by Blogger
Back to Top