Cara Install Windows Dengan USB Flashdisk

Cara Install Windows Dengan USB Flashdisk

Pusing mau bikin artikel tentang apa, mungkin karena penyakit galau yang menyerang, sehingga beberapa hari ini gak punya ide untuk mengupdate artikel segar dan menarik lagi untuk dibaca oleh sobat.

Berhubung saya sedang mendalami yang namanya teknologi informasi maka timbul sebuah ide yang amat cemerlang untuk membuat sebuah artikel yang sebenarnya mudah untuk dilakukan akan tetapi masih banyak orang yang belum bisa yakni tentang bagaimana menginstall Operating System (Windows XP, Windows Vista, Windows 7, Windows 8 dan sebagainya) pada PC atau Laptop.

Jadi untuk postingan kali ini saya mengangkat sebuah judul dengan “Cara Install Windows Dengan USB Flashdisk”. Mungkin sobat bertanya-tanya kenapa sih installing windowsnya menggunakan flashdisk dan tidak menggunakan DVD windowsnya langsung?? Maka jawabannya ialah karena beberapa perangkat seperti notebook tidak memiliki yang namanya DVD rom sehingga biasanya kesulitan untuk menginstall windows di dalamnya.

Udah pada tahukan mengapa installing windows menggunakan USB flashdisk, nah sekarang kita menuju topik utama dari artikel ini yakni cara intall windows melalui USB flashdisk. Maka pada kesempatan kali ini ini saya akan membahas langkah-langkahnya yang dapat sobat lihat di bawah ini.

Langkah-langkah install window dengan USB flashdisk adalah sebagai berikut:

Secara manual

  1. Colokkan USB Flaskdisk anda. (masukin ke usb port yah, jgn ke tempat lain).
  2. Tekan Tombol WIN+R, ketik cmd dan klik OK.
  3. Ketik diskpart dan tekan ENTER.
  4. Ketik list disk, tekan ENTER dan pilihlah yang mana adalah USB flashdisk anda, hati2 jangan salah pilih nanti salah2 yg keformat adalah disk yang lain. jikalau anda punya hanya 1 harddisk makan USB flaskdisknya adalah disk1.
  5. Ketik select disk 1 dan tekan ENTER.
  6. Ketik clean dan tekan ENTER.
  7. Ketik create partition primary lalu tekan ENTER.
  8. Ketik select partition 1 dan tekan ENTER
  9. Ketik active dan tekan ENTER.
  10. Ketik format fs=fat32 dan tekan ENTER
  11. Ketik assign dan tekan ENTER
  12. Ketik exit dan tekan ENTER.
  13. Masukkan disk DVD windows 7 dan copy lah semua isi DVD tadi ke USB Flaskdisk anda.
  14. Booting komputer anda melalu USB Flashdisk, setting malalui bios komputer anda, pastikan boot nya melalui USB Flashdisk, apabila langkah2nya betul, maka proses instalasi windows seharusnya berjalan melalui USB Flashdisk.

Cara Otomatis (dengan software)

Cara otomatis tentunya merupakan pilihan saya, dan untuk itu sudah tersedia program yang namanya Windows7 USB/DVD Download tools, program ini akan melalukan langkah2 seperti cara manual diatas, yang kita perlu lakukan hanyalah menjalankan programnya, pilih sumber windows 7 atau windows yang lainnya dan arah USB flashdisk.

  1. Cari file iso windows yang anda akan install dengan menklik browse.


  2. Pilih USB  flashdisk yang anda akan install dengan mengklik USB device.


  3. Setelah itu kemudian klik Begin copying.


  4. Tunggu proses copy windows sampai selesai.


  5. Setelah itu restart computer anda. Dan  anda telah mensetting bios komputer anda, pastikan boot nya melalui USB Flashdisk.

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan jika ada yang ditanyak silahkan tulis komentar anda di bawah ini. Eitsss dan jangan lupa ya untuk di share agar blog Juned al~Bughisy semakin berkembang lagi.

Referensi: http://www.hong.web.id

Tidak ada komentar:

Catatan:
Untuk menyisipkan video, gunakan tag <i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA...</strong>

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!"

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.

Konversi Kode di Sini!OOT

 
Design by Juned al~Bughisy Copyright © 2012 ~ 2013 Powered by Blogger
Back to Top