Mengenal Apa Itu SEO (Search Engine Optimalization)

Bagi sebagian blogger di antara kita, SEO merupakan sebuah hal penting yang menjadi prioritas perhatian ketika menjalankan aktifitas blogging. Mengapa SEO ini dianggap sebagai sebuah hal yang penting? Ya, karena dengan pemahaman dan penerapan teknik SEO yang baik akan membuat blog kita mampu berada pada urutan teratas daftar hasil pencarian di search engine. Kalau sudah begitu, apa akibatnya? Tentunya blog kita akan banyak dikenal orang bukan? Dan salah satu dampak nyatanya adalah blog kita pasti mendapatkan banyak kunjungan karena blog kita selalu muncul di halaman utama hasil pencarian search engine.

pengertian seo

Optimisasi mesin pencari (bahasa Inggris: Search Engine Optimization, biasa disingkat SEO) adalah serangkaian proses yang dilakukan secara sistematis yang bertujuan untuk meningkatkan volume dan kualitas trafik kunjungan melalui mesin pencari menuju situs web tertentu dengan memanfaatkan mekanisme kerja atau algoritma mesin pencari tersebut. Tujuan dari SEO adalah menempatkan sebuah situs web pada posisi teratas, atau setidaknya halaman pertama hasil pencarian berdasarkan kata kunci tertentu yang ditargetkan. Secara logis, situs web yang menempati posisi teratas pada hasil pencarian memiliki peluang lebih besar untuk mendapatkan pengunjung. (wikipedia).

Secara mudahnya ruang lingkup SEO mencakup bagaimana sebuah blog atau situs itu mampu menempati halaman utama pada hasil pencarian search engine dengan mendaya gunakan berbagai optimalisasi untuk mendapatkan target kunjungan sebanyak mungkin.

Search engine pada dasarnya memilah-milih berbagai sumber berita yang di cari oleh seseorang berdasarkan kata kunci yang dimaksudkan. Karena setiap search engine itu tidak sama, maka aturan main yang mereka terapkan dalam menampilkan hasil pencarian atas berita yang terkait dengan kata kunci yang dimasukan pun berbeda. Akan tetapi, meski berbeda-beda dalam menetapkannya search engine setidaknya memperhatikan beberapa hal yang menjadi acuan dasar bagi mereka untuk melakukan penilaian guna menampilkan sebuah blog atau situs dalam hasil pencarian. Acuan tersebut seperti tema blog, kualitas konten yang ditandai dengan pageviews (berapa kali konten tersebut dibuka oleh pengunjung), pagerank, alexa traffic rank, dsb.

Wah, ternyata SEO itu sangat berperan penting dalam memajukan kualitas blog kita ya? 

Semakin mahir kita memahami dan menerapkan teknik SEO ini, maka kualitas blog kita pun akan semakin baik di mata search engine. Semakin baik blog kita di mata search engine, maka akan semakin banyak pula kunjungan ke dalam blog kita. Semakin banyak kunjungan yang masuk ke dalam blog kita, maka bisa dibayangkan bukan betapa terkenalnya blog yang kita miliki tersebut?

Apakah ada yang sudah menerapkan beberapa teknik SEO dalam menjalankan aktifitas bloggingnya? Ada yang masih bingung dengan deskripsi singkat dari SEO di atas? 

Kalau ada yang ingin menanggapi silakan sampaikan lewat kotak komentar ya sobat.

Salam blogger!

2 komentar:

  1. Pngen bljar tekni seo tp kyaknya rumit bgt gan :-/

    BalasHapus
  2. @Next Generationlo blajar tuh pelan2 aja gan... pelan tp pasti :p

    BalasHapus
Catatan:
Untuk menyisipkan video, gunakan tag <i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA...</strong>

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!"

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.

Konversi Kode di Sini!OOT

 
Design by Juned al~Bughisy Copyright © 2012 ~ 2013 Powered by Blogger
Back to Top