7 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Menginstall Operating System (OS)

7 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Menginstall Operating System (OS) – Perangkat komputer baik itu PC maupun laptop tidak dapat bekerja jika di dalamnya tidak terinstall operating system (OS). Fungsi operating system sendiri ialah sebagai penghubung antara perangkat keras (hardware) dengan perangkat lunak (software). Operating system kini telah beragam dan banyak jenisnya, sebut saja Windows XP, VISTA, 7, dan 8 buatan perusahan software raksasa Microsoft  dan ada juga Snow Leopard dan Macintosh buatan Apple. Semua operating system yang telah saya sebutkan tersebut hadir dengan menawarkan fitur-fitur dan keunggulannya masing-masing.

7 Hal yang Perlu Dilakukan Setelah Menginstall Operating System (OS)

Untuk cara menginstall operating system sendiri tidak akan saya jelaskan pada kesempatan kali ini karena saya rasa sudah banyak artikel maupun video tutorial yang bertebaran di internet yang menjelaskan hal tersebut. Jadi yang akan saya bahas pada kesempatan ini adalah hal-hal apa saja yang perlu diperhatikan atau dilakukan setelah proses penginstallan operating system tersebut selesai. Yang mana saya sudah rangkum dalam 7 hal yang perlu dilakukan setelah menginstall operating system.

Berikut ini 7 hal yang perlu diperhatikan setelah menginstall operating system:

1. Hal yang pertama kali dilakukan setelah menginstall operating system adalah menginstall anti virus. Hal ini dilakukan agar mencegah virus masuk ke dalam komputer saat penginstallan software maupun saat berselancar di internet.

2. Mengisntall driver yang sesuai dengan PC atau laptop. Hal ini dilakukan agar semua hardware dapat berfungsi semua.

3. Menginstall software yang terupdate atau versi yang terbaru. Software yang versi terbaru sudah tentu dapat berjalan dengan lancar alias mulus karena sudah mendapatkan perbaikan bug-bug atau error pada program tersebut saat dijalankan.

4. Melakukan Cleaning disk. Hal ini dilakukan agar file-file junk atau file-file sampah dapat terhapus, baik itu berupa file yang tersimpan di recycle bin maupun folder-folder atau file yang tertinggal direktori C hasil dari uninstall aplikasi.

5. Mendefrag setiap partisi harddisk secara berkala. Untuk fungsi defrag sendiri telah saya jelaskan pada postingan sebelumnya silahkan dibaca disini.

6. Mendownload dan menginstall semua update-tan yang tertera di windows update. Fungsi update windows sendiri sama halnya dengan mengupdate software yakni untuk mendapat perbaikan bug-bug agar tidak terjadi error dikemudian harinya. Tapi jika ternyata windows yang sobat gunakan adalah windows bajakan jangan sekali-kali meng-update nya karena bisa kena black list.

7. Tidak menyimpan file-file atau data-data penting di directori C:/. Hal ini dilakukan karena ditakutkan jika suatu saat sobat bermasalah dengan OS misalnya disebabkan oleh virus atau hal-hal yang membuat sobat terpaksa melakukan install ulang pada laptop sobat yang mana hal ini menyebabkan data-data penting yang sobat punya yang tersimpan di directori C:/ secara otomatis akan terhapusjuga saat penginstallan ulang.

Itulah 7 hal yang perlu dilakukan setelah proses penginstallan ulang. Semoga bermanfaat dan jika ada tambahan dari teman-teman silahkan masukkan sarannya di kotak komentar agar teman-teman yang lain juga dapat segera mengetahuinya.

Dan jangan lupa like dan komentarnya yach demi kemajuan blog ini . Terimakasih :)

4 komentar:

  1. keren gan, jangan lupa kunbal gan.. :-? :-d

    BalasHapus
  2. Balasan
    1. Kalo comment pada postingannya gan jangan di luar topik kalo untuk cara bikin id coc silahkan baca postingan saya di Cara Memainkan 2 Akun Clash of Clans (COC) Di Smartphone Android

      Hapus
Catatan:
Untuk menyisipkan video, gunakan tag <i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA...</strong>

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!"

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.

Konversi Kode di Sini!OOT

 
Design by Juned al~Bughisy Copyright © 2012 ~ 2013 Powered by Blogger
Back to Top