Bangun Datar | Rumus Luas dan Keliling Persegi Panjang

Pada postingan kali ini kita akan membahas lagi tetang bangun datar dalam hal ini persegi panjang. Dalam kehidupan kita sehari-hari dapat kita lihat berbagai macam benda yang memiliki bentuk persegi panjang misalnya papan, meja, lapangan bola, dan masih banyak lainnya. Selain mengetahui bahwa bentuk benda tersebut berbentuk persegi panjang, anda juga harus mengetahui bagaimana ciri-ciri dan bagaimana cara menghitung luas dan keliling persegi panjang tersebut. Untuk mengetahuinya silahkan simak penjelasannya di bawah ini.

Ciri-ciri Persegi Panjang

Dari gambar di bawah ini menunjukkan bahwa persegi panjang merupakan salah satu bangun datar 2 dimensi yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut:

  1. Memiliki 4 buah Rusuk.
  2. Terdiri dari 2 rusuk panjang dan 2 rusuk Lebar.
  3. Memilik 4 sudut dengan masing-masing berukuran 90 derajat.

Dalam kehidupan kita sehari-hari banyak sekali kita jumpai objek-objek yang berbentuk persegi panjang misalnya buku, pintu, kain sarung dan sebagainya.

Dan adapun tujuan kita mempelajari persegi panjang ialah untuk menentukan rumus untuk mencari luas dan keliling dari persegi panjang. Dan kita dapat menerapkan rumus tersebut misalnya dalam mengukur luas tanah, luas sawah, dan banyak lagi lainnya.

Rumus Luas Persegi Panjang

Untuk dapat menghitung luas sebuah persegi panjang silahkan rumus berikut:

L = p x l

Rumus Keliling Persegi Panjang

Untuk dapat menghitung luas sebuah persegi panjang silahkan rumus berikut:

K = (2 x p) + (2 x l)

Keterangan:

  • L = Luas
  • p = panjang
  • l = lebar

Semoga artikel yang sederhana ini bermanfaat dan selamat belajar. ^^