Cara Memasang Title Tags dan Meta Tags yang Benar

Siapa yang tidak kenal dengan SEO? 

Bagi kebanyakan blogger, SEO merupakan sebuah hal yang lumrah untuk diketahui. Mengapa? Karena pada dasarnya penerapan SEO ini sangat bermanfaat sekali bagi blog yang kita miliki. Tidak percaya? Silakan dibaca kembali artikel 5 Manfaat Penting Dari SEO terlebih dahulu.

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa pada dasarnya Teknik SEO dibagi menjadi dua hal, yaitu Teknik SEO On Page dan Teknik SEO Off Page. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana Cara Pasang Title Tags dan Meta Tags yang merupakan bagian dari Teknik SEO On Page.

Apa itu Title Tags?

Title Tags merupakan sebuah kode HTML dalam template blog kita yang mengindikasikan judul blog dan judul postingan yang nantinya akan ditampilkan dalam browser. Modifikasi Title Tags menjadi sangat penting karena judul blog dan judul postingan merupakan salah satu unsur keyword yang menentukan keberhasilan blog kita dalam menduduki posisi terbaik halaman utama hasil pencarian search engine atas suatu keyword tertentu.

Apa itu Meta Tags?

Meta Tags juga merupakan sebuah kombinasi kode HTML yang ditempatkan dalam edit HTML template blog kita. Tujuan dari pemberian Meta Tags juga sama, yaitu untuk menguatkan posisi SEO blog kita agar mendapatkan hasil yang terbaik atas pencarian seseorang terhadap sebuah keyword melalui search engine.

Meta Tags dibagi menjadi dua, yaitu Meta Description dan Meta Keyword. Meta Description akan memberitahukan kepada search engine mengenai deskripsi blog kita yang kita tulis. Sedangkan Meta Keyword memberitahukan kepada search engine mengenai keyword apa saja yang mengarah atau menjadi inti dari blog yang kita miliki.

Bagaimana Cara Memasang Title Tags dan Meta Tags di dalam blog kita?

1. Login ke blogger
2. Pilih Template » Edit Html » Lanjutkan.
3. Jangan lupa centang Expand Template Widget.
4. Cari code yang berwarna merah code di bawah ini <title><data:blog.pageTitle/></title> Setelah ketemu, hapus kode HTML tersebut dan ganti dengan kode HTML di bawah ini.
<b:if cond='data:blog.pageType == "item"'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.title/> | keyword1 | keyword2 | keyword2</title>
</b:if>
<meta content="Deskripsi Blog Kita" name="description"/>
<meta content="keyword1,keyword2,keyword3,..." name="keywords"/>
<meta content="INDEX, FOLLOW" name="robots"/>
Ubah deskripsi dan keyword sesuai dengan blog kita masing-masing.
Klik simpan dan selesai.

Keterangan :

Sebelum melakukan edit HTML template blog, ada baiknya jika kita mendownload template blog kita terlebih dahulu sebagai langkah antisipasi jika nanti terdapat kegagalan saat proses editing berlangsung.

Untuk mempermudah pencarian kode HTML dalam template blog kita, ketik Ctrl + F pada keyboard komputer kita.

Contohnya adalah sebagai berikut :
<head>
<b:include data='blog' name='all-head-content'/>
<b:if cond='data:blog.pageType == &quot;item&quot;'>
<title><data:blog.pageName/> | <data:blog.title/></title>
<b:else/>
<title><data:blog.title/> | Iklan Baris Gratis | Iklan Gratis | Promosi Gratis</title>
</b:if>
<meta content='Promosikan Usaha Anda Selamanya dan Dapatkan Pelanggan Baru Sebanyak-banyaknya.' name='description'/>
<meta content='iklan gratis,pasang iklan gratis,pasang iklan baris gratis,promosi gratis,iklan usaha gratis' name='keywords'/>
<meta content='INDEX, FOLLOW' name='robots'/>
<b:skin><![CDATA[/*

Bagaimana kawan? Cara Pasang Title Tags dan Meta Tags ternyata mudah bukan? Ada yang ingin menambahkan? Atau ada yang ingin berpartisipasi untuk bertanya atau memberikan tanggapan?

Jika ada yang ingin disampaikan silakan tulis lewat kotak komentar di bawah ini ya kawan.Salam super! eh itu kan milik pak mario teguh, masudnya salam blogger! :)