Cara Mudah Menulis Huruf Hangul Korea Pada Windows 7

Tidak dapat dipungkiri lagi di negeri kita ini bisa dibilang lagi terkena wabah demam korea, yang mana wabah ini bukan hanya menimpa anak-anak dan remaja akan tetapi juga orang dewasa pun terkena wabah ini.

Saya membuat artikel ini bukan dalam rangka untuk membahas artis-artis korea yang kini tengah digandrungi oleh masyarakat kita akan tetapi pada artikel ini akan membahas bagaimana cara menulis huruf hangul korea pada  komputer di windows 7.

Jika sobat berminat untuk menulis huruf korea pada komputer atau Laptop sobat silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini.

Cara Mudah Menulis Huruf Hangul Korea Pada Windows 7

1. Klik Control Panel  » Clock, Language and Region.

2. Klik Change keyboards or other input methods » Change Keyboard

3. Setelah anda menekan pilihan Change keyboards maka akan muncul tampilan seperti di bawah ini. Kemudian Klik pilihan Add

4. Centang Microsoft IME dan Korean dan proses pemasangan bahasa korea pun berhasil.

bahasa-korea 

5. Adapun cara penggunaan huruf korea pada saat menulis misalnya di M. Word, Notepad, Browser dll maka caranya cukup mudah, caranya yakni sebagai berikut.

  • Pada bagian bawah, tepatnya di sebelah kiri jam, Anda akan melihat language bar yang berukuran sangat kecil.
  • Selanjutnya, untuk memudahkan penggunaan Anda bisa klik tanda tersebut dan pilih Show the Language Bar. Maka hasilnya, language bar tersebut akan berpindah ke bagian atas layar. Anda pun bisa memindahkan bar tersebut sesuai dengan yang Anda inginkan. Dan, untuk menuliskan tulisan Hangul, Anda tinggal memindah opsi bahasa Indonesia menjadi bahasa Korea, dan memilih Microsoft IME.

pilihan-bahasa

7. Berikut ini adalah contoh pengetikan huruf korea atau hangul pada Microsoft word.

8. Dan jika sobat kesusahan dalam menulis huruf korea karena sudah terbiasa dengan mengetik dengan menggunakan huruf alfabet maka sobat tidak perlu khawatir karena sobat dapat melihat susunan huruf korea dengan gambar keyboard di bawah ini.

keyboard 

Semoga artikel kali ini bermanfaat dan selamat belajar…!!!  :)

Referensi: blog.fastncheap.com