Rabu, 27 Maret 2013

Source Code Program Membuat Segitiga dengan Karakter Bintang Pada Java

Melanjutkan postingan sebelumnya yang telah membahas tentang konsep dan contoh perulangan maka kali ini saya menambahkan satu contoh lagi yang mungkin lebih menarik untuk dipelajari yakni membuat sebuah segitiga yang dirangkai dari karakter bintang.

Untuk membuat program tersebut maka kali ini saya akan menggunakan perulngan for bersarang (Nested for). Untuk lebih jelasnya langsung aja menuju source code programnya untuk dianalisa lebih mendalam.

Source code program:

import java.util.Scanner;
public class pola_bintang{
    public static void main(String[] args) {
        int bintang;
       
        Scanner input=new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan jumlah bintang: ");
        bintang=input.nextInt();
       
        for(int a=bintang; a>0; a--){
            for(int b=0; b<a; b++){
                if(a%2==0)
                    System.out.print("*");
                else
                    System.out.print("^");
            }
            System.out.println();
        }
    }
}   

Output Program

Membuat Segitiga dengan Karakter Bintang Pada Java

Jika pada bagian source code ada code yang belum sobat dipahami silahkan ditanyakan langsung pada bagian kolom komentar di bawah insyaAllah akan cepat ditanggapi.

Artikel Terkait

Blog ini dibuat atas ketertarikan dan minat saya dengan programming, komputer, blogging dan juga sebagai sarana untuk berbagi hal menarik lainnya.

10 comments

Sipp gan, kunjungi blog punya saya juga yaa :

http://top-ilmu.blogspot.com/2013/10/program-segitiga-bintang-dengan-java.html

kalau buat segitiganya dibalik gimana caranya gan???

Klo kya gni gmna gan
*
*#
*#*
*#*#
*#*#*
*#*#*#
Mohon bantuannya

sip gan
kunjungi blogku juga ya
http://bakhtiar080.blogspot.com

ini bro source code untuk hasil diatas tp sya menggunakan scanner biar lebih enk
package tugas_pembeajaran;
import java.util.*;
public class BintangKombinasi {
public static void main(String[] args) {
Scanner a = new Scanner(System.in);
System.out.print("Masukkan nilai n : ");
int n = a.nextInt();
for (int i = 0; i <=n; i++) {
for (int j = 1; j <=i; j++) {
if (j%2==0){
System.out.print("#");
}else{
System.out.print("*");
}
}System.out.println("");
}
}
}

Sebenarnya untuk membuat bentuk apapun sebenarnya mudah yang penting paham dulu konsep dasar perulangan. Misalnya saja
*
*#
*#*
*#*#
*#*#*
*#*#*#

sebenarnya bentuknya itu
1
12
123
1234
12345
123456
Keterangan untuk setiap bilangan ganjil akan di cetak "*" dan untuk bilangan genap akan dicetak "#"
Kalau untuk program yang saya buat di atas angka yang bentuk seperti di bawah ini
666666
55555
4444
333
22
1

Intinya perulangan di dalam perulangan harus mengerti dulu konsepnya :)

gan mau tanya kalo buat bulat tengahnya bolong
misal input 5
***
*****
** **
*****
***

input = 6
****
******
** **
** **
******
****

gimana gan kodingannya?

gan mau tanya kalo buat bulat tengahnya bolong ganjil genap
misal input 5
-***-
*****
**-**
*****
-***-

input = 6
-****-
******
**--**
**--**
******
-****-

gimana gan kodingannya?

untuk yang bgni gimana gan
1
1 2
1 2 3


*
* *
* * *


1
2 3
4 5 6

import java.util.Scanner;
public class pola_bintang{
    public static void main(String[] args) {
        int bintang;
       
        Scanner input=new Scanner(System.in);
        System.out.print("Masukkan jumlah: ");
        bintang=input.nextInt();
       
        for(int a=1; a<=bintang; a++){
            for(int b=1; b<=a; b++){
                System.out.print(b);
            }
            System.out.println();
        }
    }
}   

Catatan:
Untuk menyisipkan video, gunakan tag <i rel="youtube">URL YOUTUBE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan tag <i rel="image">URL GAMBAR ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode, gunakan tag <i rel="code">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan tag <i rel="pre">KODE ANDA...</i>
Untuk menyisipkan catatan, gunakan tag <b rel="quote">CATATAN ANDA...</b>
Untuk menciptakan efek tebal gunakan tag <strong>TEKS ANDA...</strong>

NB: Jika ingin menuliskan kode pada komentar harap gunakan Tool untuk mengkonversi kode tersebut agar kode bisa muncul dan jelas atau gunakan tool dibawah "Konversi Kode di Sini!"

Jika ingin menuliskan komentar yang keluar dari topik pada artikel ini silahkan kehalaman OOT (out of topic) dengan menekan tombol OOT di bawah ini.

EmoticonEmoticon