Ratool, Aplikasi untuk Mengamankan Flashdisk

Sebagai media penyimpanan, tentunya bagi seseorang yang menggunakan flashdisk untuk menyimpan file-file penting atau data-data pribadi seharusnya lebih ekstra hati-hati dan lebih meningkatkan kemanan dari flashdisk yang ia miliki tersebut, karena jika tidak mungkin saja akan disalahgunakan oleh orang lain.


Bagi anda yang bukan seorang yang ahli dalam bidang komputer, mungkin akan merasa kesulitan untuk menjaga kemanan dari flashdisk , akan tetapi anda tidak perlu khawatir karena semua itu dapat anda lakukan dengan aplikasi Ratool.

Bagaimana Cara Kerja Aplikasi Ratool

1. Terlebih dahulu download aplikasinya pada halaman ini: http://www.sordum.org/dns_jumper/downloads36.php

2. Setelah proses download selesai, Jalankan aplikasi tersebut namun pastikan bahwa flashdisk anda telah terhubung dengan PC atau notebook yang anda gunakan.

3. Tentukan tingkat keamanan yang ingin anda terapkan pada flashdisk anda. Pilihan pertama Disable USB Disk Detection digunakan agar flashdisk yang ditancapkan tidak terdeteksi pada komputer.


4. Jika opsi pertama dirasa terlalu ekstrim maka gunakan opsi kedua yakni Allow Read Only digunakan agar flashdisk hanya dapat dibaca pada komputer akan tetapi tidak dapat memodifikasi isi flashdisk tersebut seperti menghapus, rename dll.


5. Dan opsi yang ketiga Allow Read & Write (Default) ialah opsi yang digunakan agar flashdisk dapat terdeteksi oleh komputer atau notebook dan dapat memodifikasi isi yang ada didalamnya


6. Dan jika ingin memproteksi flahsdisk anda dengan menggunakan password pilih Options » Lock Setting.


7. Untuk mengubah kata kunci atau passowrd pilih Change Password

Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk memproteksi flashdisk atau tempat penyimpanan anda akan tetapi saya rasa dengan menggunakan aplikasi Ratool ini sudah cukup bukan hanya karena aplikasinya ringan digunakan akan tetapi kemudahan dalam penggunaannya.