Membagi File Menjadi Beberapa Bagian dengan WinRar

Tutorial kali ini saya khususkan untuk sobat blogger yang memiliki website atau blog dengan kategori Free Download Games dan Software yang mana biasanya mengalami kendala saat proses mengupload file yang cukup besar misalnya 1 GB ke atas ke Web hosting. Sehingga kadangkala dibutuhkan waktu yang cukup lama hanya untuk mengupload satu file saja. Padahal bisa saja tiba-tiba proses peng upload tan berhenti karena suatu hal yang tidak diinginkan misalnya koneksi mati atau disconect.


Jadi bagi para sobat blogger yang hendak mengupload file dalam ukuran besar sebaiknya file tersebut dipecah menjadi beberapa bagian/part agar lebih efisien dan memudahkan pengunjung untuk mendownload file dari blog sobat. Dan adapun cara agar sobat dapat membagi file menjadi beberapa bagian sobat dapat menggunakan aplikasi yang sudah cukup populer yakni WinRar.

Berikut cara membagi file menjadi beberapa bagian dengan WinRar:
  1. Pilih file yang akan dibagi menjadi beberapa bagian. Kemudian klik kanan pada file tersebut dan pilih Add to archive.

  2. Membagi File Menjadi Beberapa Bagian dengan WinRar 01
  3. Sekarang tentukan size atau ukuran masing-masing part yang diinginkan. Misalnya file sebesar 500MB dibagi menjadi file dengan ukuran 100MB jadi file tersebut akan menjadi 5 Part atau bagian. Kemudian tekan Ok.

  4. Membagi File Menjadi Beberapa Bagian dengan WinRar 02
  5. Tunggu proses sampai selesai jika sudah selesai kurang lebih file tersebut akan menjadi beberapa bagian seperti yang ditunjukkan oleh gambar di bawah ini.

  6. Membagi File Menjadi Beberapa Bagian dengan WinRar 03

Semoga tutorial kali ini bermanfaat, dan jika masih ada yang tidak dimengerti dari tutorial di atas silahkan sobat tanyakan di kolom komentar secepat mungkin akan admin Juned al~Bughisy akan tanggapi.