Mengatasi Aplikasi Windows Store yang Tidak Mendeteksi Koneksi Internet

Mungkin saya dan anda pernah punya masalah yang sama sebagai pengguna windows 8, salah satunya yakni aplikasi windows store maupun aplikasi yang di download dari windows store tidak dapat mendeteksi koneksi internet. Padahal jika di lihat pada icon system try di pojok kanan bawah jelas terlihat bahwa PC atau Notebook yang kita miliki terhubung dengan koneksi internet.

 Dan setelah mencoba untuk  browsing dan download bisa, akan tetapi ketika hendak membuka windows store maupun aplikasi yang bawaan windows store sama sekali tidak mendeteksi koneksi internet pada komputer.

Salah satu notifikasi atau pemberitahuan yang kita lihat biasanya “an network error has occurred, please check your internet connection and try again” yang mana intinya ialah bahwa aplikasi tersebut tidak mendeteksi adanya koneksi internet pada komputer yang kita gunakan. Mungkin anda akan bingung dengan permasalahan ini dan mungkin akan terlontar dari mulut anda juga pernyataan seperti ini “ko’ gak konek-konek sih…, padahal koneksi ada, apa sih maunya windows 8 nih????” Tenang-tenang dan sabar sobat, mulanya saya juga bingung dan marah seperti apa yang sobat rasakan akan tetapi ingat jangan sampai komputer yang sobat gunakan jadi pelampiasan kekesalan dan emosi sobat yach…!!! :)

Berikut ini cara mengatasi aplikasi windows store yang tidak mendeteksi koneksi internet:

1. Pertama-tama downoad aplikasi Fiddler dan Loopback utility disini dan untuk passwordnya password junedalbughisy

2. Install ke dua aplikasi tersebut kemudian jalankan aplikasi fiddler kemudian klik Win8 Config

Mengatasi Aplikasi Windows Store yang Tidak Mendeteksi Koneksi Internet 02

3. Secara otomatis aplikasi Loopback utility akan terbuka dan setelah itu klik Exempt All dan Save Changes

Mengatasi Aplikasi Windows Store yang Tidak Mendeteksi Koneksi Internet 03

4. Silahkan sobat coba lagi aplikasi yang bermasalah tadi dan jika berhasil hasilnya akan nampak seperti scrennshoot di bawah ini.

Mengatasi Aplikasi Windows Store yang Tidak Mendeteksi Koneksi Internet 04

Semoga tutorial kali bermanfaat dan jika masih mengalami kesulitan atau ada hal yang lainnya yang ingin ditanyakan mengenai pembahasan di atas silahkan sobat tanyakan pada kolom komentar. Dan jangan lupa like dan komentarnya demi kemajuan blog ini. Terimakasih :)